Sunday, October 7, 2012

101% Cinta Indonesia. Mengolok, Menertawakan, Tapi Tetap Cinta

Tulisan di halaman foto mengalami sedikit editing, untuk memperjelas tulisan.

Tak sengaja, sambil numpang baca di salah satu toko buku terkemuka di Jakarta, saya menemukan buku 101% Cinta Indonesia karya komikus lokal berinisial vbi_djenggoten (entah siapa nama aslinya). Isinya bikin saya terpingkal-pingkal, sampai-sampai ibu separuh baya yang berada di rak sebelah nyeletuk, "Baca apa sih dik? Kayaknya lucu banget..." ujarnya ingin tahu. Saya hanya tersenyum malu sambil menunjukkan sampul buku ini. Mudah-mudahan saya tidak dikira mengidap kelainan yang macam-macam.

Intinya, ceritanya penuh humor, sindiran dan satir tentang Indonesia beserta gaya hidup dan kebiasaan rakyatnya. Menurut saya, gambaran dalam kisah-kisah di buku ini akrab dengan sehari-hari kita. Mungkin ada sebagian yang sering kita lakukan dan tak sadar malah jadi kebiasaan kurang baik.

Meski berisi banyak kritik tentang bangsa ini, 101 kartun dalam komik ini saya yakin merupakan wujud cinta seorang anak bangsa kepada negaranya. Ada juga kok beberapa kisah yang justru membangkitkan optimisme dan kebanggaan sebagai bangsa ini. 


(Karena beberapa alasan, saya belum bisa membeli buku ini saat itu juga. Saya malah sudah menamatkan komik ini sambil duduk bersandar di rak buku, setelah itu saya kembalikan lagi ke tempat semula. Mudah-mudahan di lain waktu bisa beli dan memiliki karya vbi_djenggoten yang lain.)

101% Cinta Indonesia | vbi_djenggoten | 136 Halaman | Agustus 2012, Penerbit Cendana Art Media

No comments: