Thursday, March 26, 2009

'Permadani Nabi' Dilelang

Permadani buatan India 150 tahun silam, dilelang di Qatar Kamis Kemarin (19/03) oleh Sotheby's, perusahaan lelang terkemuka Inggris. Karpet tersebut dulunya dimaksudkan untuk menghiasi makam nabi Muhammad SAW di Madinah.

Kurang lebih dua juta butir mutiara digunakan untuk membikin benda yang dikenal dengan Karpet Mutiara dari Baroda tersebut. Mutiara-mutiara tersebut berasal dari perairan Teluk Arab.

Ratusan bebatuan berharga menghiasi permadani tersebut seperti permata, jamrud, safir dan rubi.


Penawaran awal ditaksir sekitar 5 juta US Dollar. Namun para pakar memprediksi harga tersebut akan jauh lebih tinggi.

Menurut kepercayaan, Karpet Mutiara dari Baroda dibuat atas instruksi Maharaja Baroda. Maharaja yang berkuasa di India satu setengah abad silam itu berniat memberikannya sebagai hadiah kepada penguasa Madinah untuk menghiasi makam Nabi.

Seiring wafatnya Maharaja, karpet tersebut tidak pernah terkirim ke Madinah. Bahkan sempat dibawa ke Monaco oleh salah seorang anggota kerajaan.

Karpet buatan tahun 1860-an tersebut berwarna merah dan biru dengan hiasan bunga yang dekoratif. Tiga rajutan besar berbentuk mawar, melingkar di tengah karpet tersebut.

Para juru lelang mengatakan bahwa nilai penawaran terakhir terhadap karpet ini tidak mustahil mencapai 20 juta USD.

Siapapun yang akan memiliki karpet ini, kemungkinan tidak akan memasangnya di atas lantai layaknya permadani biasa. Barang berharga semacam ini biasanya dipajang di dinding sebagai hiasan.

sumber :MediaMuslim.net

No comments: