Monday, March 16, 2009

Penculik Bebaskan Tiga Sukarelawan Darfur

Tiga sukarelawan asing yang diculik di Darfur, Sudan telah dibebaskan kemarin (14/3). Menurut sumber resmi, penculikan ini merupakan bentuk protes terhadap ancaman penangkapan Presiden sudan oleh Mahkamah Kejahatan Internasional (ICC).

Ketiga petugas Medical Charity Medecins Sans Frontieres (MSF), organisasi kemanusiaan Belgia, diculik hari Rabu, setelah adanya surat resmi penangkapan presiden Omar Hassan al Bashir. Negosiasi terhadap penculik sudah dilakukan sejak Kamis, via telepon.

Direktur MSF, Christopher Stokes dalam konferensi pers di Brussel mengatakan bahwa pihaknya tidak memberikan tebusan apapun atas pembebasan korban. Sekarang, ketiga sukarelawan; Laura Archer asal Kanada, dr. Mauro D'Ascanio dari Italia, Raphael Meunier dari Prancis dan seorang petugas lokal Sudan Sharif Mohamadin sudah berada di Khartoum, ibukota Sudan.

Gubernur Provinsi Darfur Utara, Osman Yusuf Kibir mengatakan bahwa pelaku menyebut diri mereka sebagai "Pasukan Elang Bashir". Osman menyebutkan bahwa korban dibebaskan di sebuah kawasan di Darfur Utara.

Penculikan tersebut sempat mengejutkan komunitas sukarelawan yang berada di Darfur.

Sumber: Reuters



No comments: