Monday, August 30, 2010

Kuliner Ala Bambang Pamungkas

Tidak sengaja aku mampir ke blog pribadi Bambang Pamungkas, penyerang tim nasional sepakbola Indonesia. Ternyata Bepe (panggilan Bambang) punya hobi menulis. Tulisan-tulisan di blognya cukup menarik dari opini tentang sepakbola sampai cerita-cerita keluarganya.

Selain itu, Bepe ternyata juga seorang "laskar kuliner". Punya hobi memasak dan makan. Berikut catatan kecil Bepe tentang tempat-tempat favoritnya dalam memuaskan dahaga kuliner di Indonesia dan luar negeri:

Sebagai pemain sepak bola tentunya saya sering melakukan perjalanan ke berbagai daerah baik di dalam maupun di luar negeri, tujuan utama saya tentunya untuk memperkuat tim saya dalam melakukan pertandingan, baik kompetisi resmi atau hanya sekedar melakukan ujicoba. Dan sebagai peminat makanan, sudah pasti disetiap kesempatan saya melakukan traveling saya selalu menyempatkan diri untuk berburu makanan-makanan yang istimewa, mulai dari yang di pinggiran jalan, gerobak-gerobak, bistro, sampai ke mall-mall. Maka dari itu dalam bagian “Pojok Kuliner” ini saya ingin berbagi pengetahuan tentang tempat-tempat makan yang menurut saya istimewa, dan mungkin juga bisa menjadi rekomendasi buat Anda semua..

  1. Gudeg Koyor Mbak Tun, Salatiga
    Tempatnya tepat di depan pintu gerbang SMAN 1 Salatiga. Yang istimewa dari tempat ini adalah koyornya pedes, empuk dan tentunya nikmat. Sebagai salah satu siswa SMAN 1 Salatiga tentunya hampir satiap hari saya menikmati Gudeg ini..
  2. Nasi Goreng Babat Iso, Salatiga
    Tempatnya di pojokan pertigaan Gendongan sebelah kiri jalan. Yang spesial dari tempat ini adalah nasi goreng babat iso petenya walaupun tempatnya tradisional, tergolong murah, tapi mengenai rasa bisa dijamin puas apalagi petenya bisa nambah sendiri sesuai selera he he he..
  3. Tahu Petis, Salatiga
    Makanan ini sangat mudah dijumpai di sepanjang jalan Jend. Sudirman, Salatiga, ketika sore mulai menjelang. Yang istimewa adalah petisnya yang berbeda dengan petis-petis di kota lain karena menggunakan cumi sebagai bahan dasar. Ketika masih panas dan dimakan dengan cabe rawit hijau rasanya sangat luar biasa..
  4. Soto Gotho, Salatiga
    Untuk mencapai tempat ini memang sedikit membutuhkan perjuangan, karena tempatnya di dalam area pertokoan barang bekas yang di sana dikenal dengan Shoping. Kuahnya yang kental dan rasanya yang nikmat menbuat perjuangan untuk mencapai tempat ini menjadi tak sia-sia..
  5. Soto Padang, Simpang Raya Padang
    Tempatnya di Simpang Lima Raya Padang, depan Hotel Pangeran. Setiap saya singgah ke Padang, tempat ini pantang untuk dilewatkan, irisan daging sapinya yang garing membuat Ismed Sofyan yang sebelumnya tidak suka soto padang menjadi ketagihan..
  6. Lontong Kikil Gresik
    Lokasinya di lingkar luar Gor Tridharma Gresik. Makanan ini sangat istimewa, kuahnya yang kental dan kikil halusnya yang empuk membuat saya selalu menghabiskan 3 porsi setiap saya mampir ke tempat ini..
  7. Depot Tempe Penyet Nyaman Surabaya
    Berada di Jl. Pompa samping Tunjungan Plaza. Kelebihan dari tempat ini adalah sambel terasi dicampur dengan mangga mudanya yang memang no. 1. Setiap kali datang ke Surabaya, saya selalu mampir ke tempat ini. Dan jika Anda berkesempatan mampir ke sana, Anda akan melihat foto saya dan pemain Persija lainnya bersama dengan ibu yang punya warung he he he..
  8. Ketoprak Wahid, Jakarta
    Tepat di gerbang keluar Hotel Sahid Jaya sebelah kiri, terdapat gerobak ketoprak yang ada setiap sore hingga malam, walaupun agak sedikit mahal untuk ukuran kaki lima, tetapi rasanya memang sepadan. Yang istimewa disini adalah rasa jeruk sambelnya yang sangat terasa..
  9. Resto Mbah Jingkrak, Jakarta
    Bertempat di depan GOR Bulungan, Blok M, resto khas Jawa ini menyediakan semua masakan yang pedas-pedas sehingga sangat memanjakan orang-orang yang gila cabe seperti saya..
  10. Ikan bakar Potere, Makasar
    Saya pertama ke tempat ini diajak oleh Ponaryo Astaman. Ikan bakar di sini sangat fresh karena memang tempatnya dekat dengan pelabuhan. Dan yang paling lezat adalah sambel dan sopnya yang wah, memang luar biasa..
  11. Tengkleng Pak Manto, Solo
    Tempat ini berada di Jl. Ongkowongso Pasar Kembang, Solo, tepatnya di depan restourant padang sederhana. Kelebihan tengkleng di sini, dagingnya tidak terlalu berbau kambing (prengus). Tengkleng sun-sumnya luar biasa apalagi porsinya banyak, memang pas buat ukuran atlit he he he..
  12. Soto Daging Sapi Pak Keman Solo
    Dahulu Tempatnya di depan Polres Serengan, akan tetapi sekarang pindah ke sebelah selatan perempatan serengan. Harus saya katakan rasa soto ini memang luar biasa, apalagi ditambah babat gorengnya..
  13. Bebek Goreng Pak Slamet, Solo
    Bertempat di depan Makro Tipes. Bebek goreng ini selalu dipadati pembeli. Yang spesial dari tempat ini adalah sambel bawangnya yang seger dan bikin berkeringat, apalagi kepala bebeknya yang gurih banget..
  14. Kerang Rebus Kapuas, Medan
    Tempatnya sedikit agak tersembunyi, yaitu di samping rel kereta api di Jalan Kapuas, Medan. Kerangnya gedhe-gedhe dan sambelnya pas banget, setiap saya mampir kesini 5 porsi terasa belum cukup..
  15. Mie Rojali, Banda Aceh
    Mie Rojali sudah sangat melegenda di Aceh, dan ketika saya pertama mencobanya harus diakui memang rasanya nomor wahid, apalagi kalau minumnya jus pinang, wah, well done he he he. Tempat ini mudah dijumpai di seluruh Aceh, karena memang cabangnya banyak banget..
  16. Sate Matang, Banda Aceh
    Tempatnya di Rek atau tempat makan lesehan gaya Aceh yang berada di pusat kota Banda Aceh. Sate dan sop kambingnya luar biasa, ada yang bilang bumbunya menggunakan “daun Aceh” tapi pastinya saya sendiri kurang tahu..
  17. Ipoh Mie, Kuala Lumpur
    Tempat ini berada di Food Courd Level 3 Menara KLCC, Kuala Lumpur. Mie kuahnya rasanya susah untuk digambarkan apalagi dibubuhi irisan cabe rawit, wuih.., pedes banget..
  18. Hainan Chicken Rice, Kuala Lumpur
    Tempatnya sama dengan Ipoh Mie. Ayamya enak banget apalagi yang barberque dan nasinya itu loh bumbunya terasa banget..
  19. Ikan Bakar Yasmin, Jayapura
    Ikan bakar ini berada di depan Hotel Yasmin Jayapura. Yang spesial disini adalah tengiri bakar dengan sambel kecap yang sudah dicampur cabe dan bawang merah, rasanya fresh dan kata Pak Bondan “Mak Nyus”..
  20. Laksa Queens Way Plaza, Singapore
    Awalnya, tujuan saya ke plaza ini untuk mencari sepatu bola, karena tempat ini memang khusus menjual alat-alat olahraga, akan tetapi ternyata di tengah gedung ini ada Laksa Singapore yang luar biasa lezat, kuahnya sangat kental dan berasa ikannya..
  21. Soto Ceker Blok M., Jakarta
    Tempatnya di depan Sekolah Vokal (Bina Vokalia, Gandaria), tempatnya memang sederhana tetapi rasa sotonya tidak sederhana terutama cekernya yang empuk banget, tinggal diemut sudah rontok sendiri..
  22. Ayam Bakar Babe Lili, Jakarta
    Ayam bakar ini letaknya sekitar 100 M dari Hotel Cemara ke arah Tugu Tani. Ayam bakarnya luar biasa disamping itu ikan dan kambing bakarnya juga tak ada duanya..
  23. Sate Ayam Pertok, Jakarta
    Berada di bunderan dalam pemukiman elit Pondok Indah, disini banyak sekali jenis makanan yang di sajikan, tapi menurut saya sate ayamnya tetap tujuan utama..
  24. Soto Betawi Bang Idris, Jakarta
    Terletak di jalan raya Petamburan, di depan Hotel Santika Jakarta. Kelebihan soto betawi ini disamping memang rasanya nikmat, pengunjung juga dipersilahkan untuk memilih sendiri daging yang ingin dicampur dengan kuah sotonya. Apalagi tempat ini buka 24 jam, jadi kapan saja kita lapar, tempat ini selalu siap untuk dikunjungi..
  25. Sate Kembar Baturetno, Wonogiri
    Bagi kami (warga Baturetno, Wonogiri) sate kembar sangat terkenal mulai dari zaman bapak dan ibu saya. Kelezatan satenya sudah sangat melegenda..
  26. Bebek Rica-Rica Jakarta
  27. Ani Soup Alam Central, Kuala Lumpur
    Berada di lantai bawah Plaza Alam Central Shah Alam. Sebenarnya makanan ini seperti soto betawi di Indonesia, tetapi yang unik adalah makanan ini dimakan dengan menggunakan sambal terasi dan telor asin, terdengar aneh memang, tetapi kalau Anda sudah mencoba dijamin pasti akan kembali lagi.
  28. Fatty Crab Kuala Lumpur
    Letaknya di depan Kelana Jaya Futsal Kompleks. Kepiting saus cabenya luar biasa, apalagi dimakan menggunakan roti tawar bakarnya dan yang lebih istimewa disini adalah sayap ayam gorengnya, wah, tiada duanya..
  29. King Crab, Kuala Lumpur
    Tempatnya berada di seberang stasiun kereta Kelana Jaya. Yang spesial dari tempat ini adalah kepiting keju dan kepiting pedas asinnya, wah, top banget..
  30. Nasi Uduk Kebon Kacang, Jakarta
    Jika Anda memasuki daerah Kebon Kacang tidak sulit untuk menemukan nasi uduk ini karena memang sangat terkenal, nasi uduknya enak banget dan lauknya bisa pilih sendiri, semuanya disajikan panas-panas apalagi usus sapi gorengnya gurih banget.
Aku juga punya beberapa rekomendas kuliner.... Tunggu kelanjutannya :)

2 comments:

Rela Rahmah said...

eummh ngiler.. si bambang ini suka makan toh.. wkwkwkwk.. sampe kuala lumpur juaaa.. woww

hehe :)

mega ayu fitrian said...

penggemar BePe20.? saia juga,,h0h0