Sunday, February 15, 2009

Cina Akan Bangun Jalur Kereta Api Mekkah

Cina baru saja menandatangani sebuah kesepakatan bersama Arab Saudi dalam rangka membangun jaringan rel kereta api yang menghubungkan antara lokasi-lokasi penting ibadah haji. Jalur baru ini akan menghubungkan Mekkah dengan Mina, Arafah dan Muzdalifah.

Arab Saudi juga berencana merintis jalur kereta api cepat antara Mekkah - Madinah. Jika hal ini terealisasi, perjalanan antar dua kota ini yang biasanya memakan waktu empat sampai lima jam, hanya akan ditempuh dalam 30 menit.
Proyek bernilai 1, 8 milyar US Dollar ini diperkirakan akan rampung dalam waktu tiga tahun. Jika berjalan lancar, proyek yang akan dijalankan Perusahaan Kereta Api Cina bekerjasama dengan sebuah firma dari Prancis ini bisa dipakai pada musim haji 2010.

Hasil kesepakatan ini diumumkan oleh presiden Republik Rakyat Cina, Hu Jintao dalam kunjungan resmi kenegaraan selama tiga hari di Arab Saudi. Dalam beberapa tahun terakhir, Cina dipercaya menjadi kontraktor pelaksana proyek pembangunan infrastruktur di Negeri Petro Dollar tersebut. (translated by amum)

Source: BBC News, 11 Februari 2009

No comments: